RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Sindang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi
Pokok : Teks Negosiasi
Alokasi
Waktu :
8 × 45 menit (4 × Pertemuan)
A.
KOMPETENSI
INTI
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilakujujur,disiplin,santun,peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai),bertanggung jawab,responsif, danpro-aktif, dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan kawasan internasional.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN IPK
Kompetensi Dasar
|
||||||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||||
3.10
3.11
|
Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi lisan maupun tulisan.
Menganalisis isi struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks
negosiasi.
|
4.10
4.11
|
Menyampaikan pengajuan,
penawaran, persetujuan dalam teks negosiasi.
Mengontruksi
teks
negosiasi dengan memperhatikan isi struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
|
|||
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||||||
3.10.1
3.10.2
3.10.3
3.10.4
3.11.1
3.11.2
3.11.3
|
Mampu menyebutkan pengertian teks negosiasi
Mampu menyebutkan ciri-ciri
teks negosiasi
Mampu menyampaikan
pengajuan penawaran.
Mampu menjelaskan syarat tercapainya pesetujuan
(kesepakatan).
Mampu menyebutkan stuktur teks negosiasi (orientasi,
pengajuan, penawaran, dan kesepakatan)
Mampu meyampaikan contoh dari stuktur teks negosiasi
(orientasi, pengajuan, penawaran, dan kesepakatan) dengan baik.
Mampu menyebutkan kaidah dan kebahasaan teks negosiasi.
|
4.10.1
4.10.2
4.10.3
4.11.1
4.11.2
|
Mampu menungkapkan cara
pengajuan, penawaran, persetujuan dalam teks negosiasi.
Mampu membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dalam
negosiasi tulis dengan memperhatikan ciri, cara, syarat tecapainya
persetujuan.
Mampu menyampaikan
pengajuan, penawaran persetujuan dalam negosiasi lisan/tulis.
Mampu menyusun teks negosiasi dengan memerhatikan
stuktur dan kaidah bahasa teks negosiasi.
Mampu menyunting teks
negosiasi dengan memperhatikan stuktur dan kaidah bahasa teks negosiasi.
|
|||
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa mampu:
1. Menjelaskan pengertian teks negosiasi
2. Merumuskan ciri-ciri teks negosiasi
3. Merumuskan syarat tercapainya pesetujuan (kesepakatan).
4. Menjelaskan cara pengajuan, penawaran, persetujuan dalam
teks negosiasi.
5. Mengevaluasi masalah, menyampaikan pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
6. Menyusun pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi
tulis dengan memperhatikan ciri, cara, syarat tecapainya persetujuan.
7. Menyunting pengajuan, penawaran persetujuan
dalam negosiasi lisan maupun tulisan.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Pengertian
teks negosiasi
2.
Ciri-ciri teks negosiasi
3.
Syarat
tercapainya pesetujuan (kesepakatan).
4.
Cara
menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dalam teks negosiasi.
5.
Struktur
isi teks negosiasi
6.
Cara
menyusun teks negosiasi
7.
Contoh
teks negosiasi
E.
PENDEKATAN, METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Saintifik
Model :
Discovery Based
Learning
Metode : Ceramah, diskusi
kelompok, tanya jawab, penugasan
F. MEDIA,
ALAT DAN BAHAN
1.
Media pembelajaran : a. Teks
negosiasi
b.
Contoh teks negosiasi
2.
Alat pembelajaran : a. Papan tulis
b. Spidol
c. Proyektor
d. Laptop
G.
SUMBER BELAJAR
a. Kosasih, Engkos. 2016. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
SMA/MA Kelas X.
Kelompok Wajib. Penerbit
Erlangga.
b. Kemendikbud Edisi
Revisi 2017. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas
X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.
Internet.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (2×45 Menit)
No.
|
Langkah-langkah
|
Kegitan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
10 menit
|
|
1.
Guru membuka dengan salam dan siswa meresponnya.
2.
Siswa bersama guru berdoa sebelum pembelajaran dimulai
3. Guru mengkondisikan siswa dengan suasana menyenangkan agar siswa siap mengikuti pembelajaran,
dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa
4. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh
siswa dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Siswa
menerima informasi dan menyimak penjelasan
pembelajaran yang akan dilalui.
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
|
65 menit
|
|
1. Stimulation (pemberian
rangsangan)
|
1. Siswa membentuk beberapa kelompok dan
memberi nama kelompok serta memilih ketua kelompoknya.
2. Guru menampilkan video tentang negosiasi
3. Siswa mengamati video negosiasi kemudian dikaitkan
dengan materi pembelajaran hari ini yaitu tentang pengertian teks negosiasi, ciri-ciri teks negosiasi, cara menyampaikan pengajuan penawaran, dan syarat tercapainya pesetujuan.
2. Guru
dan siswa melakukan
diskusi interaktif mengenai
materi yang sedang dibahas.
|
||
2.
Problem statement (identifikasi
masalah)
|
1. Siswa membaca contoh teks negosiasi.
2. Guru
meminta setiap kelompok untuk
menemukan bagian pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi yang telah diberikan oleh guru
3. Siswa melakukan diskusi kelompok kecil dengan bimbingan guru
yang siap mengarahkan.
4. Guru
meminta setiap kelompok untuk
menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi bersama kelompoknya.
5. Siswa melakukan diskusi bersama dengan kelompoknya.
6. Siswa mengidentifikasi contoh teks negosiasi yang telah dibagikan untuk menilai
masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi bersama kelompoknya.
|
||
3.
Data Processing (pengolahan data)
|
1. Siswa
bersama kelompoknya berdiskusi untuk menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
2. Setiap
kelompok menyusun hasil temuannya, yakni menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi.
|
||
4.
Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya
2.
Kelompok lain memberi komentar terhadap hasil
diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok yang presentasi mencatat
masukan-masukan dari kelompok lain
4.
Siswa berdialog
interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan penguatan
dari guru.
|
||
5.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1. Setiap kelompok menyempurnakan hasil
presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari kelompok lain.
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
15 menit
|
|
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
2. Guru
memberikan umpan balik positif terhadap siswa
3. Guru
bersama siswa melakukan refleksi terkait dengan materi pembelajaran.
4. Siswa menyimak penjelasan kegiatan pada pertemuan
berikutnya dari guru.
5. Guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
Pertemuan 2 (2×45 Menit)
No.
|
Langkah-langkah
|
Kegitan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
10 menit
|
|
1.
Guru membuka dengan salam dan siswa meresponnya.
2.
Siswa bersama guru berdoa sebelum pembelajaran dimulai
3. Guru mengkondisikan siswa dengan suasana menyenangkan agar siswa siap mengikuti pembelajaran,
dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa
4. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh
siswa dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Siswa
menerima informasi dan menyimak penjelasan
pembelajaran yang akan dilalui.
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
|
65 menit
|
|
1. Stimulation (pemberian
rangsangan)
|
1. Siswa dan Guru berdialog interaktif mengenai materi meminta
siswa untuk menyampaikan bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran,
dan persetujuan dalam teks negosiasi.
|
||
2.
Problem statement (identifikasi
masalah)
|
1. Siswa duduk bersama dengan kelompoknya.
2. Guru
meminta setiap kelompok untuk membuat teks negosiasi dengan topik yang telah
ditentukan.
3. Siswa melakukan diskusi kelompok kecil dengan bimbingan guru
yang siap mengarahkan.
|
||
3.
Data Processing (pengolahan data)
|
1. Siswa
bersama kelompoknya berdiskusi untuk membuat
teks negosiasi dengan mempehatikan pengajuan, penawaran, dan pesetujuan.
2. Setiap
kelompok menyusun hasil kerjanya,
yakni membuat teks negosiasi
sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
|
||
4.
Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya
2.
Kelompok lain memberi komentar terhadap hasil
diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok yang presentasi mencatat
masukan-masukan dari kelompok lain
4.
Siswa berdialog
interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan penguatan
dari guru.
|
||
6.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1. Setiap kelompok menyempurnakan hasil
presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari kelompok lain.
|
||
4.
|
Kegiatan Penutup
|
15 menit
|
|
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
2. Guru
memberikan umpan balik positif terhadap siswa
3. Guru
bersama siswa melakukan refleksi terkait dengan materi pembelajaran.
4. Siswa menyimak penjelasan kegiatan pada pertemuan
berikutnya dari guru.
5. Guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
Pertemuan 3 (2×45 Menit)
No.
|
Langkah-langkah
|
Kegitan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
10 menit
|
|
1.
Guru membuka dengan salam dan siswa meresponnya.
2.
Siswa bersama guru berdoa sebelum pembelajaran dimulai
3. Guru mengkondisikan siswa dengan suasana menyenangkan agar siswa siap mengikuti pembelajaran,
dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa
4. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh
siswa dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Siswa
menerima informasi dan menyimak penjelasan
pembelajaran yang akan dilalui.
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
|
65 menit
|
|
1. Stimulation (pemberian
rangsangan)
|
1. Siswa duduk bersama dengan kelompok yang telah
ditentukan.
2.
Siswa dan guru melakukan
diskusi interaktif mengenai materi pembelajaran, yakni struktur isi teks
negosiasi dan kaidah kebahasaan teks negosiasi.
|
||
2.
Problem statement (identifikasi masalah)
|
1.
Guru memberikan lembar teks negosiasi sesuai
dengan permasalahan yang telah ditentukan.
2.
Setiap kelompok diminta untuk menganalisis struktur
isi teks negosiasi dan kaidah kebahasaan teks negosiasi.
3. Siswa
mengindentifikasi lembar teks
negosiasi yang dibagikan untuk
menemukan struktur isi dan kaidah
kebahasaan teks negosiasi.
|
||
3.
Data Processing (pengolahan data)
|
1. Siswa
bersama kelompoknya berdiskusi untuk
menentukan struktur isi dan kaidah kebahasaan dalam teks negosiasi.
2. Setiap
kelompok menyusun hasil kerjanya,
yakni menentukan struktur isi
dan kaidah kebahasaan teks negosiasi yang telah diberikan.
|
||
4.
Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya
2.
Kelompok lain memberi komentar terhadap hasil diskusi
yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok yang presentasi mencatat
masukan-masukan dari kelompok lain
4.
Siswa berdialog
interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan penguatan
dari guru.
|
||
7.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1. Setiap kelompok menyempurnakan hasil
presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari kelompok lain.
|
||
5.
|
Kegiatan Penutup
|
15 menit
|
|
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
2. Guru
memberikan umpan balik positif terhadap siswa
3. Guru
bersama siswa melakukan refleksi terkait dengan materi pembelajaran.
4. Siswa menyimak penjelasan kegiatan pada pertemuan
berikutnya dari guru.
5. Guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
Pertemuan 4 (2×45 Menit)
No.
|
Langkah-langkah
|
Kegitan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
10 menit
|
|
1.
Guru membuka dengan salam dan siswa meresponnya.
2.
Siswa bersama guru berdoa sebelum pembelajaran dimulai
3. Guru mengkondisikan siswa dengan suasana menyenangkan agar siswa siap mengikuti pembelajaran, dilanjutkan
dengan mengecek kehadiran siswa
4. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh
siswa dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Siswa
menerima informasi dan menyimak penjelasan
pembelajaran yang akan dilalui.
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
|
65 menit
|
|
1. Stimulation (pemberian
rangsangan)
|
1. Guru
menyampaikan materi pembelajaran
mengenai langkah-langkah penyusunan teks negosiasi dan penyuntingan teks
negosiasi.
|
||
2.
Problem statement (identifikasi
masalah)
|
1.
Siswa duduk
bersama dengan kelompok yang telah ditentukan.
2.
Guru menentukan topik negosiasi yang berbeda kepada
setiap kelompok
3.
Guru meminta setiap kelompok
untuk membuat teks negosiasi sesuai dengan tema yang telah
ditentukan dengan memerhatikan struktur isi dan dan kaidah kebahasaannya.
|
||
3.
Data Processing (pengolahan data)
|
1. Siswa
bersama kelompoknya berdiskusi untuk membuat
teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan sesuai dengan
tema yang telah ditentukan.
2. Setiap
kelompok menyusun hasil kerjanya,
yakni membuat teks negosiasi
sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan sesuai dengan tema yang telah
ditentukan.
|
||
4.
Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya
2.
Kelompok lain memberi komentar terhadap hasil
diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok yang presentasi mencatat
masukan-masukan dari kelompok lain
4.
Siswa berdialog
interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan penguatan
dari guru.
|
||
5.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1. Setiap kelompok menyempurnakan hasil
presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari kelompok lain.
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
15 menit
|
|
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
2. Guru
memberikan umpan balik positif terhadap siswa
3. Guru
bersama siswa melakukan refleksi terkait dengan materi pembelajaran.
4. Siswa menyimak penjelasan kegiatan pada pertemuan
berikutnya dari guru.
5. Guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian proses atau sikap
Aspek yang dinilai
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
Religius
|
||||
2.
Tanggung jawab
|
||||
3.
Kerjasama
|
||||
4.
Resposif
|
||||
5.
Santun
|
||||
6.
Komunikatif
|
*) Keterangan
A : Amat
baik
B : Baik
C : Cukup
baik
D : Kurang
baik
b. Penilaian kognitif atau pengetahuan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria yang diberi skor
|
|||||
Menjelaskan
|
Menyebutkan
|
Menemukan
|
Mengidentifikasi
|
Menyimpulkan
|
Total skor
|
||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
*) Ketentuan skor maksimal
ideal
Menjelaskan :
10
Menyebutkan :
10
Menemukan :
20
Mengidentifikasi :
30
Menyimpulkan :
30
Total
skor ideal : 100
c. Penilaian keterampilan
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria Jawaban
|
Skor
|
1
|
Isi
|
Isi persis sama
dengan aslinya,
|
27 - 30
|
singkat, padat, dan
mudah dipahami.
|
|||
Isi cukup sama
dengan aslinya,
|
22 - 26
|
||
singkat, padat, dan
mudah dipahami.
|
|||
Isi kurang sama
dengan aslinya,
|
17 - 21
|
||
kurang tepat,
tetapi masih mudah dipahami.
|
|||
Isi tidak sama
dengan aslinya,
|
13 - 16
|
||
tidak tepat, dan
tidak mudah dipahami.
|
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria Jawaban
|
Skor
|
2
|
Organisasi
|
Sangat teratur dan
rapi, sangat jelas, sangat
|
18 - 20
|
kaya akan gagasan,
urutan sangat logis.
|
|||
Teratur dan rapi,
jelas, kaya akan gagasan,
|
14 - 17
|
||
urutan logis.
|
|||
Kurang teratur dan
rapi, kurang jelas,
|
10 - 13
|
||
kurang gagasan,
urutan kurang logis.
|
|||
Tidak teratur dan
rapi, tidak jelas, miskin
|
7 - 9
|
||
akan gagasan,
urutan tidak logis.
|
|||
3
|
Diksi
|
Penggunaan diksi
sangat tepat dan bervariasi.
|
18 - 20
|
Penggunaan diksi kurang
tepat dan tidak
Bervariasi
|
14 - 17
|
||
Penggunaan diksi
tidak tepat tetapi tidak
|
10 - 13
|
||
mengganggu
pemahaman.
|
|||
Penggunaan diksi
tidak tepat dan mengganggu
|
7 - 9
|
||
pemahaman.
|
|||
4.
|
Tata Bahasa
|
Menggunakan bahasa
baku, kalimat yang
|
22 - 25
|
digunakan
komunikatif dan menarik, tidak
|
|||
ada kalimat yang
ambigu.
|
|||
Menggunakan bahasa
baku, kalimat yang
digunakan
komunikatif dan menarik, terdapat
sedikit kalimat
yang ambigu.
|
18 - 21
|
||
Menggunakan bahasa
kurang baku, kalimat
yang digunakan
kurang komunikatif dan
menarik, terdapat
kalimat yang ambigu.
|
11 - 17
|
||
Menggunakan bahasa
tidak baku, kalimat
yang digunakan
tidak komunikatif dan menarik, banyak terdapat kalimat yang
ambigu.
|
5 - 10
|
||
5.
|
Ejaan
|
Menguasai aturan
penulisan dan tidak terdapat
kesalahan ejaan.
|
5
|
Cukup menguasai
aturan penulisan, terdapat
beberapa kesalahan
ejaan, tetapi tidak
mengaburkan makna.
|
4
|
||
Kurang menguasai
aturan penulisan, sering
melakukan kesalahan
ejaan, dan mengaburkan makna.
|
3
|
Rumusan yang digunakan
untuk mengubah skor menjadi nilai:
Jumlah Skor Siswa
Skor Total Ideal
Konversi Nilai
Nilai
|
Klasifikasi
|
85 – 100
|
Sangat Baik
|
75 – 84
|
Baik
|
60 – 74
|
Cukup
|
40 – 59
|
Kurang
|
0 – 39
|
Kurang Sekali
|
Pembelajaran
Remedial
Pembelajaran
remedial akan dilakukan segera setelah kegiatan penilaian dan dilakukan bagi
peserta didik capaian KDnya belum tuntas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar