RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Sindang
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi
Pokok : Puisi
Alokasi
Waktu :
2 × 45 menit (1 × Pertemuan)
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilakujujur,disiplin,santun,peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai),bertanggung jawab,responsif, danpro-aktif, dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan kawasan internasional.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
4.16 Mendemonstrasikan
(membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi dan intonasi (tekanan
dinamik dan tekanan tempo)
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Membacakan satu
puisi dari antologi puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi.
2.
Memusikalisasikan
satu puisi dari antologi puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan
intonasi.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai diharapkan
siswa mampu:
1.
Membacakan
satu puisi dari antologi puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi dan intonasi
2.
Memusikalisasikan satu puisi dari antologi puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Definisi
puisi
2.
Pengerian
vokal/lafal
3.
Pengertian
tekanan
4.
Pengertian
jeda
5.
Pengertian
ekspresi
6.
Pengertian
intonasi
F.
PENDEKATAN, METODE DAN MODEL
PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Saintifik
Model :
Discovery Based
Learning
Metode : Ceramah, diskusi
kelompok, tanya jawab, ice breaking dan penugasan.
F. MEDIA,
ALAT DAN BAHAN
Media pembelajaran : a. Teks Puisi
b. Power Point
c. Flashcard
d. Video pembacaan puisi
Alat pembelajaran : a. Papan tulis
b. Spidol+Penghapus
c. Proyektor
d. Laptop
e. Alat musik
Sumber pembelajaran : a.
Buku Paket
b. Buku-buku antologi puisi
c. Internet
G.
SUMBER BELAJAR
a. Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
SMA/MA Kelas X.
Kelompok Wajib.Penerbit Erlangga.
b. Kemendikbud Edisi
Revisi 2017. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas
X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Buku-buku
antologi puisi
d. Internet.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 2 (@2×45 Menit)
No.
|
Langkah-langkah
|
Kegitan
|
Alokasi
waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal
|
|
10
menit
|
|
|
1.
Guru membuka dengan salam dan siswa meresponnya.
2.
Siswa bersama guru berdoa sebelum pelajaran dimulai
3. Guru mengkondisikan siswa dengan suasana menyenangkan agar siswa siap mengikuti pembelajaran,
dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa
4. Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh siswa dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Siswa
menerima informasi dan menyimak penjelasan
pembelajaran yang akan dilalui.
|
|
|
Kegiatan
Inti
|
|
65 menit
|
|
1. Stimulation (pemberian
rangsangan)
|
1. Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 2 orang.
2. Siswa memerhatikan video pembacaan puisi dan musikalisasi puisi yang
ditampilkan oleh guru
3. Siswa dan guru melakukan diskusi
interaktif mengenai materi
yang sedang dibahas, yaitu mengenai pengertian vokal, ekspresi dan intonasi
dalam pembacaan puisi.
|
|
|
2. Problem statement (identifikasi masalah)
|
1. Siswa memilih satu puisi dari antologi puisi yang telah
ditentukan oleh guru.
2. Siswa diminta untuk memberikan tanda-tanda pada puisi yang akan dibacakan
3.
Guru meminta siswa untuk
membacakan salah satu puisi dari antologi puisi yang telah ditentukan dengan
memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi.
|
|
|
3.
Data Processing (pengolahan data)
|
1. Siswa
bersama kelompoknya mengidentifikasikan tanda-tanda pada puisi yang akan
dibacakan.
2. Siswa berlatih membacakan
puisi bersama kelompoknya
dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi.
|
|
|
4.
Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Setiap anggota kelompok membacakan puisi yang telah dipilihnya.
2.
Masing-masing anggota kelompok memberi komentar dan penilaian dari pembacaan puisi yang
dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok yang presentasi
mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4.
Siswa berdialog interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh
kelompok dengan penguatan dari guru.
|
|
|
5.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1. Setiap kelompok menyempurnakan hasil
presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari kelompok lain.
|
|
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|
15
menit
|
|
|
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
2. Guru
memberikan umpan balik positif terhadap siswa
3. Guru
bersama siswa melakukan refleksi terkait dengan materi pembelajaran.
4. Siswa menyimak penjelasan kegiatan pada pertemuan
berikutnya dari guru.
5. Guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
|
b. Penilaian kognitif atau pengetahuan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria yang diberi skor
|
|||||
Menjelaskan
|
Menyebutkan
|
Menemukan
|
Mengidentifikasi
|
Menyimpulkan
|
Total skor
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan skor maksimal
ideal
Menjelaskan :
10
Menyebutkan :
10
Menemukan :
20
Mengidentifikasi :
30
Menyimpulkan :
30
Total skor ideal : 100
c. Penilaian keterampilan
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria Jawaban
|
Skor
|
1
|
Isi
|
Isi persis sama dengan
aslinya,
|
27 - 30
|
singkat, padat, dan
mudah dipahami.
|
|||
Isi cukup sama
dengan aslinya,
|
22 - 26
|
||
singkat, padat, dan
mudah dipahami.
|
|||
Isi kurang sama
dengan aslinya,
|
17 - 21
|
||
kurang tepat,
tetapi masih mudah dipahami.
|
|||
Isi tidak sama dengan
aslinya,
|
13 - 16
|
||
tidak tepat, dan
tidak mudah dipahami.
|
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria Jawaban
|
Skor
|
2
|
Organisasi
|
Sangat teratur dan
rapi, sangat jelas, sangat
|
18 - 20
|
kaya akan gagasan,
urutan sangat logis.
|
|||
Teratur dan rapi,
jelas, kaya akan gagasan,
|
14 - 17
|
||
urutan logis.
|
|||
Kurang teratur dan
rapi, kurang jelas,
|
10 - 13
|
||
kurang gagasan,
urutan kurang logis.
|
|||
Tidak teratur dan
rapi, tidak jelas, miskin
|
7 – 9
|
||
akan gagasan,
urutan tidak logis.
|
|||
3
|
Diksi
|
Penggunaan diksi sangat
tepat dan bervariasi.
|
18 - 20
|
Penggunaan diksi
kurang tepat dan tidak
Bervariasi
|
14 - 17
|
||
Penggunaan diksi
tidak tepat tetapi tidak
|
10 - 13
|
||
mengganggu
pemahaman.
|
|||
Penggunaan diksi
tidak tepat dan mengganggu
|
7 – 9
|
||
pemahaman.
|
|||
4.
|
Tata Bahasa
|
Menggunakan bahasa
baku, kalimat yang
|
22 - 25
|
digunakan
komunikatif dan menarik, tidak
|
|||
ada kalimat yang
ambigu.
|
|||
Menggunakan bahasa
baku, kalimat yang
digunakan
komunikatif dan menarik, terdapat
sedikit kalimat
yang ambigu.
|
18 - 21
|
||
Menggunakan bahasa
kurang baku, kalimat
yang digunakan
kurang komunikatif dan
menarik, terdapat
kalimat yang ambigu.
|
11 - 17
|
||
Menggunakan bahasa
tidak baku, kalimat
yang digunakan
tidak komunikatif dan menarik, banyak terdapat kalimat yang
ambigu.
|
5 - 10
|
||
5.
|
Ejaan
|
Menguasai aturan
penulisan dan tidak terdapat
kesalahan ejaan.
|
5
|
Cukup menguasai
aturan penulisan, terdapat
beberapa kesalahan
ejaan, tetapi tidak
mengaburkan makna.
|
4
|
||
Kurang menguasai
aturan penulisan, sering
melakukan kesalahan
ejaan, dan mengaburkan makna.
|
3
|
||
|
|
Tidak menguasai
aturan penulisan, terdapat
banyak kesalahan
ejaan, tulisan tidak terbaca
atau tidak laik
nilai.
|
2
|
Jumlah skor
|
34-100
|
Rumus yang digunakan untuk mengubah skor menjadi nilai:
Jumlah Skor Siswa
Skor Total Ideal
Konversi Nilai
Nilai
|
Klasifikasi
|
91 - 100
|
Sangat Baik
|
83 - 90
|
Baik
|
75 – 82
|
Cukup
|
67 – 74
|
Kurang
|
0 – 66
|
Kurang Sekali
|
Pembelajaran
Remedial
Pembelajaran remedial akan dilakukan
segera setelah kegiatan penilaian dan dilakukan bagi peserta didik capaian
KDnya belum tuntas.
Indramayu,
18 Februari 2018
Guru
Praktik,
RESTU FIRMAN SARI
NPM. 882010114055
LAMPIRAN
1
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Vokal/lafal
Vokal/lafal adalah
cara seseorang atau sekelompok orang dalam suatu masyarakat dalam mengucapkan
bunyi bahasa. Adapun yang dimaksud dengan bunyi bahasa atara lain, [a], [c],
[h], [e], dsb. Untuk melatih keepata dalam melafalkan bunyi kita perlu
melakukan olah vokal, misalnya dengan mengucakpak bunyi-bunyi vokal atau
konsonan secara cepat dan bervariasi.
2.
Tekanan
Tekanan (nada)
adalah keras lunaknya pengucapan sutau kata. Tekanan berfungsi untuk memberikan
tekanan khusus pada kata-kata tertentu. Untuk memahami kata yang perlu mendapat
penekanan, kita perlu memahami maksud baitnya secara keseluruhan. Kita bisa
memperkirakannya sendiri, yang terpenting maksud dari kata-kata tersebut dapat
tersampaikan dengan jelas.
3.
Jeda
Jeda adalah hentian
arus ujaran dalam pembacaan puisi yang ditentukan oleh peralihan larik. Jeda
berpengaruh pada jelas tidaknya maksud suatu kata atau larik. Jeda dikelompokan
menjadi tiga jenis:
a.
Jeda
pendek : digunakan antarkata dalam satu
larik.
b.
Jeda
sedang : digunakan pada bagian-bagian
larik yang bertanda koma atau antarfrase.
c.
Jeda
panjang : digunakan pada pergantian larik.
4.
Intonasi
Intonasi merupakan
tinggi rendahnya suara/ naik turunnya lagu kalimat. Perbedaan intonasi dapat
menghasilkan jenis kalimat yang berbeda yakni, kalimat berita, kalimat tanya,
kalimat perintah maupun kalimat seru. Intonasi dalam pembacaan puisi diperlukan
untuk memperjelas atau membedakan maksud/pesan setiap lariknya.
5.
Ekspresi
Ekspresi berarti
mengungkapkan gagasan, maksud, ataupun perasaan dengan gerak anggota badan atau
air muka. Ekspresi angat penting dalam membacakan puisi guna memperkuat arti
puisi. Ekspresi dapa dinyatakan dengan berbagai cara, yaitu:
a.
Tatapan
mata;
b.
Bentuk
bibir;
c.
Anggukan/gelengan
kepala;
d.
Gerakan
tangan;
e.
Entakan
kaki.
LAMPIRAN 2
TUGAS 2
1.
Pilihlah
satu puisi dari antologi puisi yang telah ditentukan
2.
Kemudian
berikan tanda-tanda pada puisi yang telah pilih agar
memudahkan dalam proses pembacaan puisi! (tekanan, intonasi, jeda)
3.
Berlatihlah
membaca puisi secara nyaring sesuai dengan tanda-tanda yang telah Anda berikan
pada puisi yang telah dipilih! (vocal, intonasi dan ekspresi)
4.
Demonstrasikanlah puisi yang telah dipilih dengan
membacakannya di depan kelas!
LAMPIRAN 3
KUNCI JAWABAN TUGAS
Penilaian disesuaikan dengan keterampilan siswa dengan
memerhatikan ketepatan aspek:
a.
Vokal/pelafalan
b.
Tekanan
c.
Jeda
d.
Intonasi
e.
Ekspresi
Tabel aspek penilaian siswa
No.
|
Nama Siswa
|
Vokal/Pelafalan
(30)
|
Inonasi
(30)
|
Ekspresi
(40)
|
Total
Skor
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar