RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1
Sindang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok : mendalami karya ilmiah
Alokasi Waktu : 8jp (@4x45)
A. KOMPETENSI
INTI
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan
perilakujujur,disiplin,santun,peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai),bertanggung jawab,responsif, danpro-aktif, dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional.
KI-3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedura
l pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN IPK
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pembelajaran Kompetensi
|
|||
Pengetahuan
|
||||
3.14
|
Mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi yang harus
disajikan dalam karya ilmiah
|
3.14.1
3.14.2
|
Menjelaskan
pengertian karya ilmiah.
Menentukan informasi, tujuan dan esensi dalam karya
ilmiah
|
|
Ketrampilan
|
||||
4.14
|
Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus
disajikan dalam karya ilmiah.
|
4.14.1
4.14.2
|
Mengidentifikasi
unsur-unsur dalam karya ilmiah
Merancang
karya ilmiah sesuai dengan unsur dan isi karya ilmiah
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pembelajaran Kompetensi
|
|||
Pengetahuan
|
||||
3.15
|
Menganilisis
isi, sistematika, dan kebahasaan karya ilmiah.
|
3.15.1
3.15.2
|
Mampu
menganlisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu karya ilmia.
Mampu
menyimpulkan isi, sistematika dan kebahasaan suatu karya ilmiah
|
|
Ketrampilan
|
||||
4.15
|
Mengontruksi sebuah karya
ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
|
4.15.1
|
Menulis karya ilmiah
dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah melaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan Saintifik diharapkan siswa
dapat:
1.
Menjelaskan pengertian karya ilmiah
2.
Menentukan
informasi, tujuan dan esensi karya ilmiah yabg sudah dibaca
3.
Menetukan
unsur-unsur karya ilmiah
4.
Merancang
karya ilmiah sesuai dengan unsur dan isi karya ilmiah
5.
menganlisis
isi, sistematika, dan kebahasaan suatu karya ilmia
6.
Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan
D.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian karya
ilmiah
2.
Jenis-jenis karya ilmiah
3.
Unsur-unsur karya ilmiah
4.
Isi,
sistematika dan kebahasaan karya ilmiah
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan :
saintifik
Model :
Discovery Based Learning
Metode :
Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F.
Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1.
Laptop
2.
Proyektor
3.
Contoh karya ilmiah
G.
Sumber Belajar
1.
Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas
Berbahasa Indonesia untik SMA/MA Kelas XI. Kelompok Wajib. Penerbit
Erlangga.
2.
Internet
3.
Contoh kutipan karya ilmiah
H.
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2x45 menit)
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
Aloksi Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
|
10 mnt
|
|
1. Membuka dengan salam dilanjutkan berdoa,peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Mengkondisikan Peserta didik dengan suasana menyenangkan agar Peserta didik siap mengikuti
pembelajaran
3.
Apersepsi dengan
cara diskusi kompetensi mengaitkan pengetahun siswa mengenai informasi,
tujuan dan esensi yang didapat diluar
pembelajaran atau keterkaitan materi yang telah dipelajari sebelumnya (Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya dan
materi yang akan dipelajari karya ilmiah)
4. Peserta didik
mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang
akan dilaksanakan dengan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
5. Peserta didik menerima informasi dan menyimak penjelasan
metode pembelajaran yang akan dilalui dalam pembelajaran proposal ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150 mnt
|
|
a.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1. Peserta didik membentuk sebuah kelompok .
2. Peserta didik bersama kelompoknya mengamati
contoh karya ilmiah
3. Guru melakukan
diskusi interaktif tentang informasi tujuan,
esensi dan jenisi-jenis karya ilmiah.
4. Peserta didik memberikan komentar terhadap informasi,
tujuan dan esensi yang terdapat dalam contoh karya ilmiah.
|
20 mnt
|
|
b.
Problem statement (identifikasi
masalah)
|
1. Peserta didik melaksanakan diskusi kelompok kecil dengan pembimbingan guru yang siap
mengarahkan..
2. Peserta didik mengidentifikasi informasi,
tujuan dan esensi karya
ilmiah bersama kelompoknya.
|
30 mnt
|
|
c.
Data Processing
(pengolahan data)
|
1. Peserta didik mendiskusikan dan menentukan informasi,
tujuan dan esensi yang terdapat pada contoh karya ilmiah.
|
30
mnt
|
|
d.
Verification
(Pemeriksaan data)
|
1. Tiap-tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dengan permainan sambung lidah
untuk mengasah kekompakan dan ketepatan kelompok.
2. Kelompok lain
memberi komentar terhadap hasil diskusi yang dipresentasikan.
3. Setiap
kelompok yang presentasi mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4. Peserta didik berdialog interaktif tentang presentasi
yang dilakukan oleh kelompok dengan penguatan dari guru.
|
20 mnt
|
|
e.Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap kelompok menyempurnakan hasil
presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari kelompok lain.
|
15mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
1t
|
|
1.
Peserta didik
saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.
2.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang dipelajari.
3.
Peserta didik
menyimak penjelasan kegiatan pada pertemuan berikutnya dari guru.
4.
Memberi salam.
5.
Menutup proses
pembelajaran
|
15 mnt
|
Pertemuan 2 (@2 x 45
menit)
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
|
1
|
Kegiatan Awal
|
15
mnt
|
|
1. Membuka dengan
salam dilanjutkan berdoa
2. Mengkondisikan Peserta didik dengan suasana
menyenangkan agar Peserta didik siap mengikuti pembelajaran.
3. Peserta didik
mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang
telah dilaksanakan dengan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Peserta didik memperhatikan informasi kegiatan
pembelajaran yang akan dilalui hari ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150
mnt
|
|
b.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1. Guru
menyampaikan pembelajaran karya ilmiah
selanjutnya, yaitu isi, dan unsur-unsur karya
ilmiah.
2. Peserta didik
mengamati contoh karya ilmiah dari segi isi, dan
unsur-unsurnya.
3. Guru melakukan
diskusi interaktif tentang isi, dan unsur-unsur
dalam karya ilmiah.
4. Peserta didik
memberikan komentar terhadap isi karya ilmiah yang
dijelaskan oleh guru
|
20 mnt
|
|
b.
Problem statement
(identifikasi masalah)
|
1.
Peserta didik membuat sebuah
kelompok.
2.
Guru meminta peserta didik mengamati contoh karya ilmiah yang telah diberikan.
3.
Peserta didik
melaksanakan diskusi kelompok kecil dengan pembimbingan guru yang siap mengarahkan.
4.
Peserta didik
mengidentifikasi isi, dan unsur-unsur karya ilmiah bersama kelompoknya.
|
30 mnt
|
|
c. Data Processing (pengolahan data)
|
1.
Peserta didik
mendiskusikan isi, dan unsur-unsur
karya ilmiah bersama kelompoknya.
2.
Peserta didik
bersama kelompoknya merancang
karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isinya
|
30 mnt
|
|
d. Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
2.
Kelompok lain
memberi komentar terhadap hasil diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok
yang presentasi mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4.
Peserta didik
berdialog interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan
penguatan dari guru.
|
50 mnt
|
|
6.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok menyempurnakan hasil presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari
kelompok lain.
2.
Setiap kelompok
menyampaikan isi, sistematika, dan kebahasaan proposal yang telah disepakati
hasil diskusi bersama.
3.
Peserta didik merumuskan
isi, dan
unsur-unsur karya ilmiah secara lisan dan tulis.
|
20 mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
15 mnt
|
|
1. Guru meminta
beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat belajar karya
ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2. Guru memberi penegasan dan motivasi.
3. Guru melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator.
4. Memberi salam
5.
Menutup proses
pembelajaran
|
Pertemuan 3 (@2x45 menit)
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
|
1
|
Kegiatan Awal
|
15
mnt
|
|
1. Membuka dengan
salam dilanjutkan berdoa.
2. Mengkondisikan Peserta didik dengan suasana
menyenangkan agar Peserta didik siap mengikuti pembelajaran.
3. Peserta didik
mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang
telah dilaksanakan dengan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Peserta didik memperhatikan informasi kegiatan
pembelajaran yang akan dilalui hari ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150
mnt
|
|
a.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1.
Guru menyampaikan
pembelajaran karya ilmiah selanjutnya, yaitu menganalisis
sistematika dan kebahasaan karya ilmiah.
2.
Peserta didik mengamati berbagai contoh karya
ilmiah dari segi sitematika dan kebahasaanya
3.
Guru melakukan diskusi interaktif tentang sistematika
dan kebahasaan karya ilmiah.
|
20 mnt
|
|
c.
Problem statement
(identifikasi masalah)
|
1.
Peserta didik membuat
kelompok.
2.
Guru meminta peserta didik mengamati contoh karya ilmiah yang telah diberikan.
3.
Peserta didik menganalisis
sistematika dan kebahasaan yang terdapat dalam contoh karya ilmiah
|
30 mnt
|
|
c. Data Processing (pengolahan data)
|
1. Peserta didik berdiskusi menentukan
sistematika dan kebahasaan yang terdapat pada contoh karya ilmiah
|
30 mnt
|
|
d. Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Tiap-tiap kelompok
mempresentasikan
hasil diskusinya.
2.
Kelompok lain
memberi komentar terhadap hasil diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok
yang presentasi mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4.
Peserta didik
berdialog interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan
penguatan dari guru.
|
50 mnt
|
|
7.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok menyempurnakan hasil presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari
kelompok lain.
2.
Peserta didik
menyimpukan kebahasaan
yang terdapat pada contoh karya ilmiah
|
20 mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
15 mnt
|
|
1. Guru meminta
beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat belajar proposal dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Guru memberi penegasan
dan motivasi.
3. Guru melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indicator.
4. Memberi salam.
5. Menutup proses pembelajaran
|
Pertemuan
4 @2X45 menit
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
|
1
|
Kegiatan Awal
|
15 mnt
|
|
1.
Membuka dengan salam dilanjutkan berdoa.
2.
Mengkondisikan
Peserta didik dengan suasana menyenangkan agar Peserta didik siap mengikuti
pembelajaran.
3.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan
proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Peserta didik
memperhatikan informasi kegiatan pembelajaran yang akan dilalui hari ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150 mnt
|
|
b.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1. Guru
menyampaikan pembelajaran karya ilmiah
selanjutnya, yaitu menulis krya ilmiah dengan
memerhatikan
sistematika dan kebahasaan karya ilmiah.
2. Guru melakukan
diskusi interaktif tentang sistematika
dan kebahasaan karya ilmiah.
|
20 mnt
|
|
d.
Problem statement
(identifikasi masalah)
|
1.
Peserta didik membuat
kelompok.
2.
Guru meminta peserta didik mengembangkan kerangka karya ilmiah menjadi karya ilmiah
yang utuh.
3.
Peserta didik menganalisis
sistematika dan kebahasaan yang terdapat dalam contoh karya ilmiah
|
30 mnt
|
|
c. Data Processing (pengolahan data)
|
1. Peserta didik berdiskusi mengumpulkan bahan untuk penulisan karya ilmiah.
|
30 mnt
|
|
d. Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Tiap-tiap kelompok
mempresentasikan
hasil penulisan karya ilmiahnya.
2.
Kelompok lain
memberi komentar terhadap hasil diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok
yang presentasi mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4.
Peserta didik
berdialog interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan
penguatan dari guru.
|
50 mnt
|
|
5.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok menyempurnakan hasil presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari
kelompok lain.
2.
Peserta didik
menyimpukan kebahasaan
yang terdapat pada contoh karya ilmiah
|
20 mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
15 mnt
|
|
1.
Guru meminta beberapa peserta didik untuk
mengungkapkan manfaat belajar proposal dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Guru memberi penegasan dan motivasi.
3.
Guru melakukan
penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indicator.
4.
Memberi salam.
5.
Menutup proses
pembelajaran
|
E.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian : pengamatan dan tes
tulis
2. Bentuk Penilaian :
Uraian
3.
Instrumen
Penilaian : Lembar observasi
4.
Instrumen :
KD. 3.14 Mengidentifikasi informasi,
tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah
Rubrik Pengetahuan
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
a.
Peserta didik menjelaskan pengertian karya ilmiah dengan sangat tepat
|
4
|
b.
Peserta didik menuliskan karya ilmiah dengan tepat
|
3
|
|
c.
Peserta didik menuliskan karya ilmiah dengan kurang
tepat
|
2
|
|
d.
Peserta didik menuliskan karya ilmiah dengan tidak
tepat
|
1
|
Rubrik ketrampilan
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2
|
a. Peserta
didik dapat menentukan informasi, tujuan, dan esensi dalam karya ilmiah dengan sangat tepat
|
4
|
b. Peserta
didik menentukan informasi, tujuan, dan esensi dalam karya ilmiah dengan tepat
|
3
|
|
c. Peserta
didik menentukan informasi, tujuan, dan esensi dalam karya ilmiah dengan
kurang tepat
|
2
|
|
d. Peserta
didik menentukan informasi, tujuan, dan esensi dalam karya ilmiah dengan tidak
tepat
|
1
|
Keterangan
Nilai = Perolehan
skor
Jumlah soal
Konversi Nilai
Nilai
|
Klasifikasi
|
90 – 100
|
Sangat Baik
|
83 – 89
|
Baik
|
75 –
82
|
Cukup
|
40 – 59
|
Kurang
|
0 – 39
|
Kurang Sekali
|
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah
kegiatan penilaian, dan dilakukan
bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas.
Indramayu, 11 Januari 2018
Guru Mata
Pelajaran,
BUDI HARTONO
NPM
882010114012
|
Lampiran 1 materi
Mengidentifikasi
informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah
1. Pengertian karya ilmiah
Karya ilmiah merupakan
sebuah tulisan yang berisi suatu permasalahan yang ditulis dan diungkapkan
dengan metode-metode ilmiah yang sesuai dengan kaidah penulisan karya tulis
ilmiah tertentu. karya tulis ilmiah berisi data dan fakta maupun hasil
penelitian seseorang yang ditulis secara runut dan sistematis.
Karya tulis ilmiah disusun jarus
berdasarkan fakta, bersifat objektif, tidak bersifat emosional dan personal,
dan tersusun secara sistematis dan logis. Bahasa yang digunakan di dalam suatu
karya tulis ilmiah ialah bahasa Indonesia yang baku yang sesuai dengan kaidah
Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
2.
Jenis Karya Tulis Ilmiah
Berdasarkan tingkat akademisnya, karya ilmiah dapat dibedakan menjadi 5 jenis,
a. Makalah, yaitu karya ilmiah yang
memerlukan studi, baik langsung maupun tidak langsung. Dapat berupa kajian pustaka atau
buku, kajian suatu masalah, atau analisis fakta hasil observasi.
b. Laporan Penelitian, merupakan karya ilmiah
yang dibuat setelah seseorang melakukan penelitian, pengamatan, wawancara,
percobaan, dan lain sebagainya.
c. Skripsi, merupakan karya ilmiah
yang karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa tingkat strata-1 untuk memperoleh
gelar sarjana.
d. Tesis, yaitu karya ilmiah yang
ditulis oleh mahasiswa strata-2 untuk memperoleh gelar magister.
e. Disertasi, yaitu karya ilmiah yang
dibuat dan disusun oleh mahasiswa strata-3 untuk memperoleh gelar doktor.
3. Tujuan
Karya Tulis Ilmiah
a. Dapat menjadi transformasi
pengetahuan bagi sekolah atau institusi perguruan tinggi dengan masyarakat,
atau bagi para peminatnya
b. Melatih keterampilan dasar
untuk melakukan penelitian secara benar dan teratur
c. Membuktikan potensi dan
wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan
masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh
pengetahuan dari keilmuannya
d. Menumbuhkan etos ilmiah di
kalangan mahasiswa
e. Sebagai wahana melatih
pengungkapan pikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang
sistematis
4.
Manfaat Karya Tulis
Ilmiah
a. Melatih untuk mengembangkan
keterampilan membaca yang efektif
b. Mengenalkan dengan kagiatan
kepustakaan
c. Memperoleh kepuasaan
intelektual
d. Memperluas cakrawala ilmu
pengetahuan
e. Sebagai bahan acuan atau
penelitian pendahuluan untuk peneliti selanjutnya
f. Meningkatkan
perorganisasian fakta dan data secara sistematis
g. Melatih untuk menggabungkan
hasil bacaan dari berbagai sumber
5. Pokok karya Ilmiah
a.
Informasi
Karya ilmiah berisikan
mengenai penjelasan ilmiah tentang objek yang akan diteliti, informasi
merupakan suatu pernyataan yang sifatnya memberitahu, memapakarkan dan
menjelaskan
b.
Tujuan
Tujuan merupakan suatu hal
berupa ide, gagasan yang khendak ingin dicapai atau terlaksana .
c.
Esensi
Esensi adalah sebuah pokok permasalahn yang
terdapat pada karya ilmiah
6. Kaidah bahasa krya ilmiah
a. Penggunaan kata istilah
Istilah adalah kata atau kelompok kata yang pemakaiannya
terbatas pada bidang tertentu saja.
Contoh Bidang ekonomi
1) Akuntansi
2) Laba
3) deposito
b. kata baku
1) Tidak dipengaruhi bahasa daerah
Contoh : Inyong dari jakarta
(saya)
2) tidak dipengaruhi bahasa asing
Contoh : Desi gemar menguploud foto (mengunggah)
3) Bukan merupakan ragam bahasa percakapan
Contoh : Saya akan
pergi, dimana tidak akan ada orang yang tahu (tidak baku)
4) Pemakaian sesuai konteks kalimat
Contoh :
meja lebih besar daripada kursi (baku)
5) tidak rancu
Contoh :
saya berkali-kali mengingatkan (baku)
6) tidak mengandung arti pleonastis
contoh :
para hadirin (tidak baku)
7) sesuai dengan EBI
Contoh :
terimakasih
c. Makna lugas
Makna lugas adalah makna yang sesuai dengan konsep
asalnya
“bau
kencur” dalam tumbuh-tumbuhan berarti nama rempah-rempah yang bermanfaat
menurunkan panas, bukan “anak kecil baru tumbuh dewasa”
7. Menyajikan karya ilmiah
Penyusuna karya ilmiah haruslah sistematis dan menggunakan kaidah bahasa
yang telah ditentukan, selain itu ada beberapa langkah dalam penyusunan karya
ilmiah yaitu
a. Menentukan topik
yaitu dengan
dengan cara memilih secara teliti panduan pertanyaan :
1) Apakah masalah berguna dan
cukup penting di persoalkan
2) Apakah membahas masalah ini
akan menghasilkan sesuatu yang baru/konkrit
3) Apakah masalah yang ditulis
menarik perhatian dan minat penulis
4) Apakah masalah yang dibahas
cukup terbatas (tidak terlalu luas) agar dalam pengumpulan data informasi
dan fakta yang spesifik
5) Jika terlalu luas maka
tidak akan terarah dan pembahasan menjadi dangkal
b. Membuat
kerangka tulisan
1) untuk mendapatkan data yang
lebuh akurat dan konsisten. Evaluasi instrumen dilakukan dengan uji coba
pengumpulan data dengan instrumen yang telah dibuat. Hasil uji coba akan
diketahui melalui pengujian validitas dan reliabilitas.
2) Evaluasi terhadap sumber,
untuk mempertanggungjawabkan data.
3) Penulis harus menentukan
apakah data yang diperlukan dalam menulis karya tulis ilmiah berupa data
primer, sekunder atau gabungan dari keduanya.
4) Pembuatan catatan, untuk
memudahkan pencatatan dan pencarian kembali informasi yang telah dicatat.
Catatan dapat dibuat dengan penggunaan kartu informasi, pembuatan sistem
penulisan untuk menghubungan kartu informasi dengan daftar pustaka, serta pemilihan
bentuk kutipan.
c. Mengumpulkan
bahan
Setelah kerangka ilmiah
terbentuk, langkah selanjutnya yaitu mengumpulkan bahan yang akan diteliti,
bahan dapat diperoleh dari berbagai sumber, objek yang akan diteliti ataupun
menggunakan teknik penelitian untuk mendapatkan data seperti pengamatan,
wawancara, angket dan lain sebagainya.
d. Mengembangkan
kerangka
Selanjutnya setelah kerangka
terbentuk dan bahan sudah terkumpul tahap berikutny ayitu mengembangkan kerangka yang sudah ada dengan
mengolah data atau bahan yang sudah
terkumpul sehingga menjadi sistematis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar