RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1
Sindang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok : Informasi proposal
Alokasi Waktu : 8jp (@4x45)
A. KOMPETENSI
INTI
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan
perilakujujur,disiplin,santun,peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai),bertanggung jawab,responsif, danpro-aktif, dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional.
KI-3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan IPK
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pembelajaran Kompetensi
|
|||
Pengetahuan
|
||||
3.12
|
Menentukan
informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang
dibaca.
|
3.12.1
3.12.2
|
Menentukan
informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang
dibaca.
Menyimpulkan informasi yang ada dalam proposal
kegiatan atau penelitian yang dibaca
|
|
Ketrampilan
|
||||
4.12
|
Melengkapi
informasi dalam proposal secara lisan.
|
4.12.1
4.12.2
|
Mampu merumuskan informasi dalam proposal secara lisan
Mampu
melengkapi informasi dalam proposal secara lisan
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pembelajaran Kompetensi
|
|||
Pengetahuan
|
||||
3.13
|
Menganilisis
isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal.
|
3.13.1
3.13.2
|
Mampu
menganlisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal.
Mampu
menyimpulkan isi, sistematika dan kebahasaan suatu proposal
|
|
Ketrampilan
|
||||
4.13
|
Merancang
sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan
esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
4.13.1
4.13.2
4.13.3
|
Mampu
menentukan informasi, tujuan dan esensi karya ilmiah.
Mampu
mengidentifikasi kerangka proposal karya ilmiah
Mampu
merancang sebuah proposal dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi
karya ilmiah.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah melaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan Saintifik diharapkan siswa
dapat:
1.
Menentukan
informasi
penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian.
2.
Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif.
3.
Mengidentifikasi
isi, sistematika, dan kebahasaan proposal.
4.
Merancang
proposal dengan memerhatikan isi dan kebahasaanya, berdasarkan unsur-unsur
proposal, pendahuluan, latar belakang masalah, metode, dan pelaksanaan.
D.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian Proposal
2.
Informasi penting dalam
proposal
3.
Unsur-unsur proposal.
4.
Isi
proposal
5. Sistematika proposal
6. Unsur kebahasaan proposal
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan :
saintifik
Model :
Discovery Based Learning
Metode :
Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F.
Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1.
Laptop
2.
Proyektor
3.
Contoh proposal
G.
Sumber Belajar
1.
Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas
Berbahasa Indonesia untik SMA/MA Kelas XI. Kelompok Wajib. Penerbit Erlangga.
2.
Contoh proposal kegiatan Himdakia Universitas Wiralodra Indramyu
3.
Internet
H.
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (@4x45 menit)
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
Aloksi Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
|
10 mnt
|
|
1. Membuka dengan salam dilanjutkan berdoa,peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Mengkondisikan
Peserta didik dengan suasana menyenangkan agar
Peserta didik siap mengikuti pembelajaran
3.
Apersepsi dengan
cara diskusi kompetensi mengaitkan pengetahun siswa mengenai informasi
tentang proposal yang didapat diluar pembelajaran atau keterkaitan materi
yang telah dipelajari sebelumnya (Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya dan materi yang akan
dipelajari proposal)
4. Peserta didik
mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang
akan dilaksanakan dengan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
5.
Peserta didik menerima informasi
dan menyimak penjelasan
metode pembelajaran yang akan dilalui dalam pembelajaran proposal ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150
mnt
|
|
a.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1.
Peserta didik
membentuk sebuah kelompok .
2.
Peserta didik
bersama kelompoknya mengamati berbagai
macam contoh proposal.
3.
Guru melakukan diskusi interaktif tentang
informasi dalam proposal, dan unsur-unsur dalam proposal..
4.
Peserta didik
memberikan komentar terhadap informasi yang terdapat dalam contoh proposal dan unsur-unsurnya.
|
20 mnt
|
|
b.
Problem statement (identifikasi
masalah)
|
1.
Peserta didik kembali ke kelompoknya masing-masing.
2.
Peserta didik melaksanakan diskusi kelompok kecil dengan pembimbingan
guru yang siap mengarahkan..
3.
Peserta didik mengidentifikasi informasi proposal dan unsur-unsur proposal yang belum
lengkap
bersama kelompoknya.
|
30 mnt
|
|
c.
Data Processing
(pengolahan data)
|
1.
Peserta didik mendiskusikan serta mennyunting informasi dan unsur - unsur proposal dengan cara melengkapi informasi proposal tersebut.
|
30
mnt
|
|
d.
Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya.
2.
Kelompok lain memberi komentar terhadap hasil
diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok yang presentasi mencatat masukan-masukan
dari kelompok lain.
4.
Peserta didik
berdialog interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan
penguatan dari guru.
|
50 mnt
|
|
e.Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap kelompok menyempurnakan hasil
presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari kelompok lain.
|
20mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
10
nt
|
|
1.
Peserta didik
saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.
2.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang dipelajari.
3.
Peserta didik
menyimak penjelasan kegiatan pada pertemuan berikutnya dari guru.
4.
Memberi salam.
5.
Menutup proses
pembelajaran
|
Pertemuan 2 (@2 x 45
menit)
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
|
1
|
Kegiatan Awal
|
15
mnt
|
|
1. Membuka dengan
salam dilanjutkan berdoa
2. Mengkondisikan Peserta didik dengan suasana
menyenangkan agar Peserta didik siap mengikuti pembelajaran.
3. Peserta didik
mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang
telah dilaksanakan dengan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Peserta didik memperhatikan informasi kegiatan
pembelajaran yang akan dilalui hari ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150
mnt
|
|
b.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1. Guru
menyampaikan pembelajaran proposal selanjutnya, yaitu isi proposal, sistematika proposal, dan unsur
kebahasaan dalam proposal.
2. Peserta didik
mengamati berbagai contoh teks prosedur dari segi isi, sistematika dan unsur kebahasaanya.
3. Guru melakukan
diskusi interaktif tentang isi proposal, sistematika
proposal, dan unsur kebahasaan dalam proposal.
4. Peserta didik
memberikan komentar terhadap isi proposal yang dijelaskan oleh guru
|
20 mnt
|
|
b.
Problem statement
(identifikasi masalah)
|
1.
Peserta didik membuat sebuah
kelompok.
2.
Guru meminta peserta didik mengamati contoh proposal yang telah diberikan.
3.
Peserta didik
melaksanakan diskusi kelompok kecil dengan pembimbingan guru yang siap
mengarahkan.
4.
Peserta didik
mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal bersama
kelompoknya.
|
30 mnt
|
|
c. Data Processing (pengolahan data)
|
1.
Peserta didik
mendiskusikan isi, sistematika, dan kebahasaan proposal bersama kelompoknya.
2.
Peserta didik
bersama kelompoknya menentukan dan menyimpulkan isi, sistematika, dan
kebahasaan proposal
|
30 mnt
|
|
d. Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
2.
Kelompok lain
memberi komentar terhadap hasil diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok
yang presentasi mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4.
Peserta didik
berdialog interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan
penguatan dari guru.
|
50 mnt
|
|
6.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok menyempurnakan hasil presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari
kelompok lain.
2.
Setiap kelompok
menyampaikan isi, sistematika, dan kebahasaan proposal yang telah disepakati
hasil diskusi bersama.
3.
Peserta didik
merumuskan isi, sistematika, dan kebahasaan proposal yang ada pada contoh
proposal secara lisan dan tulis.
|
20 mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
15 nt
|
|
1. Guru meminta
beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat belajar proposal dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Guru memberi penegasan dan motivasi.
3. Guru melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indicator.
4. Memberi salam
5.
Menutup proses
pembelajaran
|
Pertemuan 3 (@2x45 menit)
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
|
1
|
Kegiatan Awal
|
15
mnt
|
|
1. Membuka dengan
salam dilanjutkan berdoa.
2. Mengkondisikan Peserta didik dengan suasana
menyenangkan agar Peserta didik siap mengikuti pembelajaran.
3. Peserta didik
mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang
telah danakan dilaksanakan dengan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari.
4. Peserta didik memperhatikan informasi kegiatan
pembelajaran yang akan dilalui hari ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150
mnt
|
|
a.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1.
Guru menyampaikan
pembelajaran teks proposal selanjutnya,
yaitu merancang untuk membuat proposal.
2.
Peserta didik mengamati berbagai contoh teks
prosedur dari segi isi, sitematika dan unsur kebahasaanya
3.
Guru melakukan diskusi interaktif tentang isi proposal, sitematika proposal, dan unsur
kebahasaan dalam proposal.
4.
Peserta didik memberikan komentar terhadap isi proposal yang dijelaskan oleh guru
|
20 mnt
|
|
c.
Problem statement
(identifikasi masalah)
|
1.
Peserta didik kembali ke
kelompok sebelumnya.
2.
Guru meminta peserta didik mengamati contoh proposal yang telah diberikan.
3.
Peserta didik
mengidentifikasi tahapan-tahapan dalam menyusun proposal.
|
30 mnt
|
|
c. Data Processing (pengolahan data)
|
1.
Peserta didik
mebuat proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang
masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, dan biaya) dengan memperhatikan
isi kebahasaanya.
|
30 mnt
|
|
d. Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok mempresentasikan hasil proposalnya secara singkat.
2.
Kelompok lain
memberi komentar terhadap hasil diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok
yang presentasi mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4.
Peserta didik
berdialog interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan
penguatan dari guru.
|
50 mnt
|
|
7.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok menyempurnakan hasil presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari
kelompok lain.
2.
Peserta didik
menyimpukan hasil pembuatan proposalnya
|
20 mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
15 nt
|
|
1. Guru meminta
beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat belajar proposal dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Guru memberi penegasan
dan motivasi.
3. Guru melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indicator.
4. Memberi salam.
5. Menutup proses pembelajaran
|
E.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian : pengamatan dan tes
tulis
2.
Bentuk
Penilaian : Uraian
3.
Instrumen
Penilaian : Lembar observasi
4.
Instrumen :
Rubrik Pengetahuan
Oal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
a.
Peserta didik menuliskan
unsur-unsur teks proposal dengan sangat tepat
|
4
|
b.
Peserta didik menuliskan unsur-unsur teks proposal dengan tepat
|
3
|
|
c.
Peserta didik menuliskan unsur-unsur teks proposal dengan kurang tepat
|
2
|
|
d.
Peserta didik menuliskan unsur-unsur teks proposal dengan tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2
|
a.
Peserta didik menuliskan
pelaksanaan kegiatan proposal dengan sangat tepat
|
4
|
b.
Peserta didik menuliskan pelaksanaan kegiatan proposal dengan tepat
|
3
|
|
c.
Peserta didik menuliskan pelaksanaan kegiatan proposal dengan kurang tepat
|
2
|
|
d.
Peserta didik menuliskan pelaksanaan kegiatan proposal dengan tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|
3
|
a. Peserta didik menuliskan
isi pokok proposal dengan sangat tepat
|
4
|
|
b.
Peserta didik menuliskan isi pokok proposal dengan tepat
|
3
|
||
c.
Peserta didik menuliskan isi pokok proposal dengan kurang
tepat
|
2
|
||
d.
Peserta didik menuliskan isi pokok proposal dengan tidak
tepat
|
1
|
||
Keterangan
Nilai = Perolehan
skor
Jumlah soal
Contoh
Nilai = 10 x 10= 100
Nilai = 10 x 10= 100
Rubrik Keterampilan
Bait
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
a.
Peserta didik menentukan jenis teks proposal sangat sesuai isi teks
|
4
|
b.
Peserta didik menentukan jenis teks proposal sesuai isi teks
|
3
|
|
c.
Peserta didik menentukan jenis teks proposal kurang sesuai isi teks
|
2
|
|
d.
Peserta didik menentukan jenis teks proposal tidak sesuai isi teks
|
1
|
|
2
|
e.
Peserta didik menyusun kerangka teks proposal sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topic
|
4
|
f.
Peserta didik menyusun kerangka teks proposal lengkap dan sesuai dengan topic
|
3
|
|
g.
Peserta didik menyusun kerangka teks proposal kurang lengkap dan kurang dengan topic
|
2
|
|
h.
Peserta didik menyusun kerangka teks proposal tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks
|
1
|
|
3
|
i.
Peserta didik menulis teks proposal sangat
sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
|
4
|
j.
Peserta didik menulis teks proposal sesuai
dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
|
3
|
|
k.
Peserta didik menulis teks proposal kurang
sesuai
dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
|
2
|
|
l.
Peserta didik menulis teks proposal tidak
sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
|
1
|
Nilai = Perolehan skor
Jumlah kreteria/soal
Contoh:
Nilai
= 10 x
10 = 100
Konversi Nilai
Nilai
|
Klasifikasi
|
90 – 100
|
Sangat Baik
|
83 – 89
|
Baik
|
75 – 82
|
Cukup
|
40 – 59
|
Kurang
|
0 – 39
|
Kurang Sekali
|
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah
kegiatan penilaian, dan dilakukan
bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas.
Indramayu, 11 Januari 2018
Guru Mata
Pelajaran,
BUDI HARTONO
NPM
882010114012
|
Lampiran
1 (materi)
1.
Pengertian
proposal
Proposal adalah alat
bantu menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara
efisien. (jay, 2006:1).
Proposal
merupakan teks permintaan yang diberikan kepada lembaga atau perorangan untuk
melakukan suatu kegiatan (penelitian), kosasih, engkos.
Berdasarkan
beberapa pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan proposal adalah suatu
rancangan kegiatan atau kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci
sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok peneliti untuk diajukan kepada
pihak yang dikehendaki dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam
penelitiannya.
2.
Informasi penting dalam proposal
a.
Latar belakang
Dalam bagian ini dikemukakan tentang kejadian, keadaan, atau hal yang
melatarbelakangi pentingnya suatu kegiatan atau penelitian.
b.
Masalah dan tujuan
Secara terperinci kita perlu menyebutkan masalah dan tujuan itu dengan
rasional dan persuasif sehingga pembaca tertarik pada tujuan-tujuan tersebut.
c.
Ruang lingkup
kegiatan
d.
Manfaat
Akan lebih meyakinkan lagi apabila kemukakan juga manfaat yang akan
diperoleh
e.
Kerangka teoritis
dan hipotesis
Dalam hal ini, dikemukakanbhasil telaah teori sebelumnya yang berkaitan
dengan masalah yang dirumuskan, hasil tersebut bisa perbandingan, pengontrasan,
dan peletakan.
f.
metode
melalui metode –metode yyang digunakan, kegiatan yang direncanakan itu
dapat dinilai oleh penerima usul
g.
pelaksanaan
kegiatan
h.
fasilitas
i.
lama waktu/jadwal
kegiatan
j.
Pembiyaan/anggaran
dana
3.
Unsur – unsur dalam proposal
Unsur-unsur yang terdapat dalam proposal yaitu
b.
Latar
belakang masalah,
dikemukakan adanya
kesenjangan antara harapan dan kenyataan, baik kesenjangan teoretik ataupun
kesenjangan praktis yang melatarbelakangi masalah yang diteliti. Selain itu,
dipaparkan secara ringkas tentang teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan
seminar, dan diskusi ilmiah maupun pengalaman pribadi yang terkait erat dengan
pokok masalah yang diteliti. Dengan demikian, masalah yang dipilih untuk
diteliti mendapat landasan berpijak yang lebih kokoh.
c.
Rumusan masalah,
Rumusan masalah dinyatakan secara tersurat berupa
pertanyaan-pertanyaan yang ingin dicarikan jawabannya. Dalam hal ini hendaknya
rumusan masalah disusun secara singkat, padat, jelas, dan dituangkan dalam
bentuk kalimat tanya. Rumusan masalah yang baik akan menampakkan
variabel-variabel yang diteliti dan dapat diuji secara empiris.
d. Tujuan
penelitian, Tujuan penelitian diungkapkan pada sasaran yang ingin dicapai dalam
penelitian.Tujuan penelitian mengacu pada rumusan penelitian dan berupa
pernyataan.
e. Hipotesis,
Hipotesis diajukan berupa jawaban
sementara terhadap masalah penelitian agar hubungan antara masalah yang
diteliti dengan kemungkinan jawabannya lebih jelas.Adapun rumusan hipotesis
yang baik hendaknya: dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan, dirumuskan
secara singkat, padat, dan jelas, dapat diuji secara empiris, dan menyatakan
pertautan antara dua variabel atau lebih.
f. Asumsi
penelitian, Asumsi penelitian adalah anggapan dasar tentang suatu hal
yang dijadikan pijakan
berpikir dan bertindak dalam melaksanakan penelitian. Dalam hal ini tidak perlu
dibuktikan kebenarannya, tetapi dapat langsung memanfaatkan hasil penelitian
yang diperolehnya dari orang lain melalui karya tulisnya.
g. Manfaat
penelitian, Manfaat penelitian ditunjukkan untuk mengenai pentingnya penelitian
terutama bagi pengembangan ilmu atau pelaksanaan pembangunan dalam arti luas.
Dengan kata lain, bagian ini berisi alasan kelayakan atas masalah yang
diteliti.
h. Ruang
lingkup, dan Keterbatasan Penelitian Ruang lingkup dan keterbatasan penelitian
dikemukakan karena sering dihadapi keterbatasan ruang lingkup kajian yang
terpaksa harus dilakukan karena alasan-alasan prosedural, teknik penelitian,
ataupun karena alasan logistik. keterbatasan penelitian karena kendala yang
bersumber dari adat, tradisi, etika, dan kepercayaan yang tidal memungkinkan
peneliti mencari data yang diinginkan.
i. Kajian
pustaka, dan Kajian pustaka memaparkan teori-teori yang disusun berdasarkan
kemutakhiran dan relevansi yang diperlukan dalam penelitian.
j. Definisi
operasional.
Definisi operasional
adalah definisi yang dirumuskan berdasarkan hal yang yang dapat diamati oleh
peneliti. Definisi operasional bukan definisi berdasarkan kamus atau pendapat
para ahli. Hal ini diperlukan terutama untuk istilah-istilah yang berhubungan
dengan konsep-konsep pokok dalam penelitian juga untuk menghindari perbedaan
persepsi.
4.
Isi proposal
Proposal berisi tentang rancangan kegiatan, dan
penelitian
5.
Sistematika proposal
Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan
yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
Sistematika pembuatan proposal antara lain :
Sistematika pembuatan proposal antara lain :
a.
Pendahuluan
1) Berisi tentang hal-hal dan
kondisi umum yang melatarbelakangi dilaksanakan kegiatan tersebut.
2) Hubungan kegiatan tersebut
dalam kehidupan sehari-hari(nyata)
3) Point-point pembahasan pada
pendahuluan ini, mengacu pada komponen S-W-O-T yang telah dibahas sebelumnya.
b. Dasar Pemikiran
1)Berisi tentang dasar yang
digunakan dalam pelaksanaan, misalnya: Tri Darma Perguruan Tinggi, program
kerja pengurus dan lain-lain
2)Jika kegiatan tersebut bukan
dari organisasi, maka didasarkan secara umum, misalnya : Peraturan Pemerintah
No sekian
c. Tujuan
1) Tujuan yang ingin dicapai
dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus)
2) Tentukan juga keluaran (
output ) yang dikehendaki seperti apa
d. Tema
1) Tema yang
diangkat dalam kegiatan tersebut
e. Jenis Kegiatan
1) Diperlukan untuk menjelaskan
rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jika kegiatannya lebih dari satu,
2) Menjelaskan bentuk dari
kegiatan tersebut. Misal: berupa Seminar, Pelatihan, penyampain materi secara
lisan, Tanya jawab dan simulasi dll.
f. Target
1) Berisi uraian yang lebih
terperinci dari Tujuan (Point 3) terutama mengenai ukuran-ukuran yang digunakan
sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan.
g. Sasaran/Peserta
1) Menjelaskan tentang objek atau
siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut ( atau lebih kenal dengan peserta)
h. Waktu dan
Tempat Pelaksanaan
1) Tentukan dimana, hari,
tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.
i. Anggaran
Dana
1) Dalam anggaran disini, hanya
disebutkan jumlah total pemasukan dan pengeluaran yang diperkirakan oleh
panitia, sedangkan rinciannya dibuat dalam lampiran tersendiri
j. Susunan
Panitia
1) Dalam halaman atau bagaian
susuna panitia, biasanya hanya ditulis posisi yang penting-penting saja,
seperti Pelindung Kegiatan, Ketua panitia, Streering Commite dll, sedangkan
kepanitian lengkap dicantumkan dalam lampiran.
k. Jadwal Kegiatan
1) Dibuat sesuai dengan perencanaan dalam kalender Kegiatan yang
telah disusun sebelumnya
2) Atau bisa juga ditulis terlampir, jika
jadwalnya banyak.
l.
Penutup
1) Berisi tentang harapan yang ingin dicapai
dan mohon dukungan bagi semua pihak.
2)
Ditutup
dengan lembar pengesahan proposal
3)
Terakhir,
diikuti dengan lampiran
6.
Bahasa
Proposal
Proposal merupakan jenis tulisan
yang formal dan ilmiah. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis proposal
adalah sebagai berikut :
a.
Hendaknya menggunakan bahasa yang jelas dan tepat dengan gaya bahasa yang
formal dan lugas.
b. Kejelasan dan ketepatan isi diwujudkan
dengan menggunakan kata atau istilah yang jelas dan tepat.
c. Paragraf yang
kohesif dan koheren .
d. Kalimat
efektif dan tidak berbelit-belit serta ambigu.
e. Mengungkapkan
alasan dan tujuan yang logis.
7.
ciri ciri kebahasaan dalam proposal
beberapa ciri kebahasaan yang terdapat dalam roposal
berupa pernyataan yang berifat argumentatif.
Argument tersebut dikutip dari sumber-sumber tertentu
yang disertai oleh data fakta, argumen tersebut sering kali menggunakan
konjungsih penyebaban seperti sebab,
karena, oleh karena itu.
Selainargumentatif
terdapat juga pernyataan persuasif yang ditandai dengan menggunakan kata hendaknya, sebaiknya.
Lampiran 2 (tugas)
Tugas 1 (KD 3.12)
1.
Tentukan informasi
penting yang terdapat pada tabel berikut!
No
|
kutipan
|
Penting/kurang penting
|
Alasan
|
1
|
Panitia mendatangkan dokter terkenal untuk membantu acara ini
|
||
2
|
Sasaran kegiatan ini yaitu anak-anak dari kalangan yang kurang mampu
|
||
3
|
Kegiatan ini terdiri dari empat orang seksi dokumentasi yang bertugas
untuk mendokumentasikan kegiatan
|
||
4
|
Diharapkan kegiatan ini dapat membantu beban orang tua dan memotivasi
anak
|
||
5
|
Kepala desa menyumbang dana demi terealisasinya acara ini
|
||
6
|
Kegiatan ini dilakukan atas rasa prihatin terhadap keluarga kurang mampu
yang belum menyunatkan anaknya
|
Tugas 2 (KD 4.12)
1.
Periksalah
kelengkapan struktur proposal tersebut?
2.
lengkapilah
informasi yang kurang lengkap yang terdapat dalam contoh proposal?
Tugas 3 (KD 3.13)
1.
Jelaskan isi
proposal yang terdapatdalam contoh proposal
2.
Identifikasikanlah
sistematika, dan kebahasaan dalam contoh proposal
Tugas 4 (KD 4.13)
1.
Buatlah proposal
dengan berdasarkan latar belakang masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu,
biaya dan pelaksanaan) dengan memperhatikan isi dan kebahasaanya.
Lampiran 3 Contoh proposal
PROPOSAL KEGIATAN FESTIVAL
KARNAVAL SENI BUDAYA
I.
LATAR BELAKANG
Dengan semakin berkembangnya
zaman dan juga semakin canggihnya teknologi informasi masa kini serta semakin
berkurangnya minat dan perhatian para remaja terhadap budaya asli Negara
Indonesia yang seharusnya di lestarikan malah semakin tenggelam di tengah kebudayaan
asing yang merajalela, bahkan budaya asing sendiri sudah dapat masuk ke dalam
pelosok desa dan tidak hanya di daerah perkotaan saja.
Bahkan sangat sedikit sekali para
pemuda yang mau melestarikan budaya Negeri seperti tarian tradisional dan
bahkan memakai baju batik pada keseharian di anggap aneh oleh banyak
masyarakat.
Sangat terlihat dengan jelas jika
adat dan budaya asli Negara Indonesia sudah di geser dengan budaya asing,
bahkan para remaja sekarang dengan bangga memilih budaya asing dari pada budaya
Negeri sendiri.
Budaya barat yang masuk memang di terima dengan
tangan terbuka oleh para pemuda saat ini tanpa adanya penyaringan terlebih
dahulu dan mengakibatkan sebagian para pemuda di masyarakat Indonesia
terpengaruh sehingga melupakan budaya asli Indonesia.
Dengan melihat kondisi serta fakta yang ada di atas, akan sangat baik jika kita semakin perhatian dengan persoalan tersebut.
Dengan melihat kondisi serta fakta yang ada di atas, akan sangat baik jika kita semakin perhatian dengan persoalan tersebut.
Argumen itu yang mejadi latar belakang kami sebagai para
mahasiswa “ komunitas kesenian” akan menyelenggarakan sebuah kegiatan festival
karnaval seni budaya lintas kampus.
II. MAKSUD DAN TUJUAN
Dalam memperingati hari ulang tahun kota Malang
pada tanggal 1 April 2018, maka komunitas kesenian selaku organisasi pemuda dan
mahasiswa ingin acara festival karnaval seni budaya lintas kampus yang memiliki
tujuan untuk:
1.
Untuk memperingati
hari lahir dan ulang tahun kota Malang yang ke- 104
2.
Agar dapat
melestarikan dan menumbuhkan minat para pemuda akan seni budaya Negeri
Indonesia.
3.
Untuk dapat
membangun kerja sama serta kreativitas para remaja.
III. KEGIATAN
Waktu dan tempat pelaksanaan
Pentas seni dan budaya ini akan kami laksanakan pada
Hari : Minggu
Tanggal
: 1 April 2018
Waktu : 9.00 s.d. selesai
Tempat : Aula Universitas Merdeka
Susunan Acara
Susunan Panitia
Penanggung
jawab : Muhammad Gufron
Ketua
Pelaksana : Luthamimah
Sekertaris : Fitriyah Nur Fauziah
Bendahara : Dian Indah Hayati
Seksi
Acara : Arlan A. Saputra,
Toni Armando, Dita Febrianti.
Seksi
Perlengkapan : Wisnu Hadi, Setiawan
Kuncoro, Andre Azona.
Seksi
Konsumsi : Febriani, Dwi Putri,
Febrituti Haryanti.
IV. ANGGARAN
Lampiran anggaran
A.
Pemasukan
No
|
Pasal Dana1
|
saldo
|
1
|
Kas Komunitas Seni
|
Rp. 4.000.000-,
|
2
|
Iuran anggota
|
Rp. 3.000.000-,
|
Jumlah
|
Rp. 7.000.000-,
|
B.
Pengeluaran
No
|
Nama barang
|
Jumlah
|
|
1
|
Sound System
|
1 Paket
|
Rp. 850.000-,
|
2
|
Konsumsi
|
400 x Rp. 6.000
|
Rp. 2.400.000-,
|
3
|
Dekorasi Panggung
|
1 paket
|
Rp. 800.000-,
|
4
|
Tranportasi
|
1 Paket
|
Rp. 400.000-,
|
5
|
Hadiah
|
1 paket
|
Rp. 3.300.000-,
|
6
|
Biaya tak terduga
|
-
|
Rp. 400.000
|
Jumlah
|
Rp. 8.150.000-,
|
V. PENUTUP
Demikian proposal kegiatan yang kami buat, kami sangat berharap dukungan
serta partisipasi Bapak/Ibu. Semoga kegiatan ini bisa terlaksana sesuai
harapan.
Atas perhatian serta kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Atas perhatian serta kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar