RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1
Sindang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok : Resensi
Alokasi Waktu : 2jp (@2x45)
A. KOMPETENSI
INTI
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan
perilakujujur,disiplin,santun,peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai),bertanggung jawab,responsif, danpro-aktif, dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional.
KI-3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN IPK
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pembelajaran Kompetensi
|
|||
Pengetahuan
|
||||
3.16
|
Membandingkan
isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
3.16.1
3.16.2
3.16.3
|
Menjelaskan
pengertian resensi.
Menentukan unsur-unsur resensi
Membandingkan isi resensi
|
|
Ketrampilan
|
||||
4.16
|
Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil
perbandingan beberapa teks resensi
|
4.17.1
4.17.2
|
Menyebutkan
kaidah bahasa resensi
Menentukan
kaidah bahasaa resensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pembelajaran
Kompetensi
|
|||
Pengetahuan
|
||||
3.17
|
Menganilisis
kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda
|
3.17.1
|
Menganalisis
teks resensi berdasarkan isinya.
|
|
Ketrampilan
|
||||
4.17
|
Mengontruksi sebuah resensi dari
kumpulan buku cerita pendek atau novel yang sudah dibaca
|
4.17.1
|
Mengontruksi
resensi berdasarkan struktur resensi
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah melaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan Saintifik diharapkan siswa
dapat:
1.
Menjelaskan pengertian resensi
2.
Menentukan unsur-unsur resensi
3.
Membandingkan isi dari
berbagai contoh resensi
4.
Menentukan
kaidah bahasa yang terdapat dalam resensi
5.
Menganalisis
teks resensi berdasarkan isinya
6.
Mengontruksi
resensi berdasarkan struktur resensi
D.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian resensi
2.
Hal yang harus diperhatikan
dalam menyusun resensi
3.
Unsur-unsur resensi
4.
Objek resensi
5.
Struktur dalam resensi
6.
Kaidah bahasa yang terdapat
dalam resensi
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan :
saintifik
Model :
Discovery Based Learning
Metode :
Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F.
Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1.
Flashcard
2.
Laptop
3.
Proyektor
4.
Contoh resensi
G.
Sumber Belajar
1.
Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas
Berbahasa Indonesia untik SMA/MA Kelas XI. Kelompok Wajib. Penerbit
Erlangga.
2.
Internet
3.
Contoh resensi
H.
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2x45 menit)
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
Aloksi Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
|
10 mnt
|
|
1. Membuka dengan salam dilanjutkan berdoa,peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Mengkondisikan Peserta didik dengan suasana menyenangkan agar Peserta didik siap mengikuti
pembelajaran
3.
Apersepsi dengan
cara diskusi kompetensi mengaitkan pengetahun siswa mengenai informasi,
tujuan dan esensi yang didapat diluar
pembelajaran atau keterkaitan materi yang telah dipelajari sebelumnya (Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya dan
materi yang akan dipelajari resensi)
4. Peserta didik
mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang
akan dilaksanakan dengan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
5. Peserta didik menerima informasi dan menyimak penjelasan
metode pembelajaran yang akan dilalui dalam pembelajaran resensi ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150 mnt
|
|
a.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1. Peserta didik bersama kelompoknya mengamati
contoh resensi
2. Guru melakukan
diskusi interaktif isi dan unsur-unsur resensi.
3. Peserta didik memberikan komentar terhadap isi yang
terdapat dalam contoh resensi
|
20 mnt
|
|
b.
Problem statement (identifikasi
masalah)
|
1. Peserta didik melaksanakan diskusi kelompok kecil dengan pembimbingan guru yang siap
mengarahkan..
2. Peserta didik mengidentifikasi isi
dan informasi yang terdapat dalam contoh resnsi
|
30 mnt
|
|
c.
Data Processing
(pengolahan data)
|
1. Peserta didik mendiskusikan dan menentukan unsur-unsur
yang terdapat pada contoh resensi
2. Peserta didik
membandingkan isi dari dua contoh resensi yang berbeda
|
30
mnt
|
|
d.
Verification
(Pemeriksaan data)
|
1. Tiap-tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dengan permainan sa
2. Kelompok lain
memberi komentar terhadap hasil diskusi yang dipresentasikan.
3. Setiap
kelompok yang presentasi mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4. Peserta didik berdialog interaktif tentang presentasi
yang dilakukan oleh kelompok dengan penguatan dari guru.
|
20 mnt
|
|
e.Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap kelompok menyempurnakan hasil
presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari kelompok lain.
|
15mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
1t
|
|
1.
Peserta didik
saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.
2.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang dipelajari.
3.
Peserta didik
menyimak penjelasan kegiatan pada pertemuan berikutnya dari guru.
4.
Memberi salam.
5.
Menutup proses
pembelajaran
|
15 mnt
|
Pertemuan 2 (@2 x 45
menit)
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
|
1
|
Kegiatan Awal
|
15
mnt
|
|
1. Membuka dengan
salam dilanjutkan berdoa
2. Mengkondisikan Peserta didik dengan suasana
menyenangkan agar Peserta didik siap mengikuti pembelajaran.
3. Peserta didik
mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang
telah dilaksanakan dengan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Peserta didik memperhatikan informasi kegiatan
pembelajaran yang akan dilalui hari ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150
mnt
|
|
b.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1. Guru
menyampaikan pembelajaran ka
selanjutnya, yaitu struktur dan kaidah
bahasa resensi
2. Peserta didik
mengamati contoh resensi dari segi isi dan strukturnya.
3. Guru melakukan
diskusi interaktif tentang struktur dan
kaidah bahasa resensi.
4. Peserta didik
memberikan komentar terhadap struktur resensi yang dijelaskan oleh guru
|
20 mnt
|
|
b.
Problem statement
(identifikasi masalah)
|
1.
Peserta didik membuat sebuah
kelompok.
2.
Guru meminta peserta didik mengamati contoh resensi yang telah diberikan.
3.
Peserta didik
melaksanakan diskusi kelompok kecil dengan pembimbingan guru yang siap
mengarahkan.
4.
Peserta didik
mengidentifikasi struktur
dan kaidah bahasa resensi bersama
kelompoknya.
|
30 mnt
|
|
c. Data Processing (pengolahan data)
|
1.
Peserta didik
mendiskusikan
struktur dan kaidah bahasa resensi bersama
kelompoknya.
2.
Peserta didik
bersama kelompoknya menentukan
struktur dan kaidah bahasa resensi
|
30 mnt
|
|
d. Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
2.
Kelompok lain
memberi komentar terhadap hasil diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok
yang presentasi mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4.
Peserta didik
berdialog interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan
penguatan dari guru.
|
50 mnt
|
|
6.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok menyempurnakan hasil presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari
kelompok lain.
2.
Setiap kelompok menyampaikan
struktur
dan kaidah bahasa resensi yang telah disepakati hasil diskusi bersama.
|
20 mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
15 mnt
|
|
1. Guru meminta
beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat belajar resensi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Guru memberi penegasan dan motivasi.
3. Guru melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator.
4. Memberi salam
5.
Menutup proses
pembelajaran
|
Pertemuan 3 (@2x45 menit)
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
|
1
|
Kegiatan Awal
|
15
mnt
|
|
1. Membuka dengan
salam dilanjutkan berdoa.
2. Mengkondisikan Peserta didik dengan suasana
menyenangkan agar Peserta didik siap mengikuti pembelajaran.
3. Peserta didik
mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang
telah dilaksanakan dengan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Peserta didik memperhatikan informasi kegiatan
pembelajaran yang akan dilalui hari ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150
mnt
|
|
a.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1.
Guru menyampaikan
pembelajaran resensi selanjutnya, yaitu menganalisis
teks resensi.
2.
Peserta didik mengamati berbagai contoh karya
ilmiah dari segi sitematika dan kebahasaanya
3.
Guru melakukan diskusi interaktif tentang isi
yang terdapat dalam teks resensi
|
20 mnt
|
|
c.
Problem statement
(identifikasi masalah)
|
1.
Peserta didik membuat
kelompok.
2.
Guru meminta peserta didik mengamati contoh resensi yang telah diberikan.
3.
Peserta didik menganalisis teks
resensi
|
30 mnt
|
|
c. Data Processing (pengolahan data)
|
1. Peserta didik berdiskusi menentukan
isi yang terdapat pada teks resensi
|
30 mnt
|
|
d. Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Tiap-tiap kelompok
mempresentasikan
hasil diskusinya.
2.
Kelompok lain
memberi komentar terhadap hasil diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok yang
presentasi mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4.
Peserta didik
berdialog interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan
penguatan dari guru.
|
50 mnt
|
|
7.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok menyempurnakan hasil presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari
kelompok lain.
2.
Peserta didik
menyimpukan isi
yang terdapat pada teks resensi
|
20 mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
15 mnt
|
|
1. Guru meminta
beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat belajar resensi
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Guru memberi penegasan
dan motivasi.
3. Guru melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indicator.
4. Memberi salam.
5. Menutup proses pembelajaran
|
Pertemuan
4 @2X45 menit
No
|
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
|
1
|
Kegiatan Awal
|
150 mnt
|
|
1.
Membuka dengan salam dilanjutkan berdoa.
2.
Mengkondisikan
Peserta didik dengan suasana menyenangkan agar Peserta didik siap mengikuti
pembelajaran.
3.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan
proaktif tentang keterkaitan pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Peserta didik
memperhatikan informasi kegiatan pembelajaran yang akan dilalui hari ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
150
mnt
|
|
b.
Stimulation
(pemberian
rangsangan)
|
1. Guru
menyampaikan pembelajaran resensi
selanjutnya, yaitu mengonstruksi
teks resensi
2. Guru melakukan
diskusi interaktif tentang langkah-langkah mengonstruksi resensi
|
20 mnt
|
|
d.
Problem statement
(identifikasi masalah)
|
1.
Peserta didik membuat
kelompok.
2.
Guru meminta peserta didik mengonstruksi resensi
3.
Peserta didik mengidentifikasi
langkah-langkah mengonstruksi resensi
|
30 mnt
|
|
c. Data Processing (pengolahan data)
|
1. Peserta didik berdiskusi dan mengamati iinformasi
pad teks resensi
2. Peserta didik
berdisskusi untuk mengonstruksi teks resensi.
|
30 mnt
|
|
d. Verification
(Pemeriksaan data)
|
1.
Tiap-tiap kelompok
mempresentasikan
hasil penulisan karya ilmiahnya.
2.
Kelompok lain
memberi komentar terhadap hasil diskusi yang dipresentasikan.
3.
Setiap kelompok
yang presentasi mencatat masukan-masukan dari kelompok lain.
4.
Peserta didik
berdialog interaktif tentang presentasi yang dilakukan oleh kelompok dengan
penguatan dari guru.
|
50 mnt
|
|
5.
Generalisation
(penarikan kesimpulan)
|
1.
Tiap-tiap
kelompok menyempurnakan hasil presentasinya berdasarkan masukan-masukan dari
kelompok lainnya.
|
20 mnt
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
15 mnt
|
|
1.
Guru meminta beberapa peserta didik untuk
mengungkapkan manfaat belajar resensi dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Guru memberi penegasan dan motivasi.
3.
Guru melakukan
penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indicator.
4.
Memberi salam.
5.
Menutup proses
pembelajaran
|
E.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian : pengamatan dan tes tulis
2. Bentuk Penilaian :
Uraian,
3.
Instrumen
Penilaian : Lembar observasi
4.
Instrumen :
Rubrik Pengetahuan
soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
a.
Peserta didik menjelaskan pengertian resensi dengan sangat tepat
|
4
|
b.
Peserta didik menjelaskan pengertian resnsi dengan tepat
|
3
|
|
c.
Peserta didik menjelaskan pengertian resnsi dengan kurang tepat
|
2
|
|
d.
Peserta didik menjelaskan pengertian resnsi dengan tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2
|
a.
Peserta didik dapat membandingkan dua teks resensi dengan sangat
tepat
|
4
|
b. Peserta
didik dapat membandingkan dua teks resensi dengan tepat
|
3
|
|
c. Peserta
didik dapat membandingkan dua teks resensi dengan kurang tepat
|
2
|
|
d.
Peserta didik dapat membandingkan dua teks resensi dengan tidak
tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|
3
|
a. Peserta didik menentukan
struktur dan kaidah bahasa dengan sangat tepat
|
4
|
|
b.
Peserta didik menentukan struktur dan kaidah bahasa dengan tepat
|
3
|
||
c. Peserta
didik menentukan struktur dan kaidah bahasa dengan kurang tepat
|
2
|
||
d. Peserta
didik menentukan struktur dan kaidah bahasa dengan kurang tepat
|
1
|
||
Keterangan
Nilai = Perolehan
skor
Jumlah soal
Konversi Nilai
Nilai
|
Klasifikasi
|
92 – 100
|
Sangat Baik
|
83 – 91
|
Baik
|
75 –
82
|
Cukup
|
40 – 59
|
Kurang
|
0 – 39
|
Kurang Sekali
|
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah
kegiatan penilaian, dan dilakukan
bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas.
Indramayu, 11 Januari 2018
Mahasiswa PPL,
BUDI HARTONO
NPM
882010114012
|
Lampiran tugas
kompetnsi dasar 3.16
Membandingkan
isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi
1.
Jelaskan pengertian resensi?
2.
tentukan unsur-unsur yang terdapat pada
contoh teks resensi berdasarkan:
a.
identitas buku
b.
ringkasan buku
c.
kelemahan dan kelebihan
d.
rekomendasi
3.
Objek yang dapat dibuat resensi?
4.
Bandingkan persamaan dan perberdeaan isi
teks resensi?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar